Jumat, 01 November 2013

Ada Rahasia dibalik Rahasia .....




Bukan hal biasa jika berbicara tentang masalah dan cobaan dalam menjalani kehidupan didunia ini. Ada kalanya Tuhan mengijinkan kita mengalami ujian, dengan waktu dan  tempat yang tanpa kita ketahui. Oleh sebab itu kita jangan sampai dipatahkan oleh sebesar apapun masalah dan cobaan yang menimpa kehidupan ini.

 Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya 
(Al-Baqoroh: 286)

Yang paling penting adalah bagaimana kita sabar mengadapi masalah hidup yang tengah terjadi. Karna menurut pengalaman Kesabaran akan cobaan adalah sangat penting didalam setiap tantangan dan cobaan.

Kita hidup pasti mempunyai berbagai macam permasalahan, akan tetapi, permasalahan itulah yang dapat membuat kita lebih terdidik menjadi dewasa. Kedewasaan tidak dapat diukur dengan bertambahnya umur, kedewasaan tidak dapat diukur dengan bertambahnya berat dan tinggi badan, dan kedewasaan pun tidak dapat diukur dengan kepintaran yang dimiliki seseorang. Akan tetapi, kedewasaan hanya dapat diukur dengan bagaimana caranya menyelesaikan masalah dengan penuh kebijaksanaan dan bukan menambah masalah yang baru.  


Besarnya pahala sesuai dengan besarnya ujian dan cobaan. Sesungguhnya Allah ’Azza wa jalla bila menyenangi suatu kaum Allah menguji mereka. Barangsiapa bersabar maka baginya manfaat kesabarannya dan barangsiapa murka maka baginya murka Allah.  
(HR. Tirmidzi).



Ada pengunjung blog ini yang bertanya mengenai masalah hidup yang dihadapinya.

.......”mas apakah masalah akan selalu tetap datang selama kita menjalani kehidupan ini? bagaimanakah jika menghadapi masalah tekanan batin?.....”
Kurang jelas sebetulnya apa masalah yang disampaikannya. Namun tekanan batin bisa timbul karena masalah keluarga, masalah ekonomi,  masalah pekerjaan,  masalah dengan lingkungan atau yang lainnya. Masalah-masalah hidup seperti ini setiap harinya banyak menimpa  orang, dan jika tak dapat dikelola dengan baik bisa mengakibatkan tekanan batin yang berat, bahkan bisa berujung stres atau depresi.
 
Dari berbagai masalah, mungkin yang paling dekat adalah permasalahan dalam keluarga. Nah..... kali ini saya akan mencoba khusus membahas mengenai solusi menghadapi masalah keluarga.
Apa masalah keluarga yang sedang anda hadapi? Apakah soal kebutuhan yang tak tercukupi? Apakah ada komunikasi yang tak lancar dengan anggota keluarga? Atau ada perbedaan pandangan mengenai suatu hal yang kemudian membuat hubungan keluarga menjadi tidak harmonis? Atau masalah apa?
 

Bisa jadi masalah keluarga yang sedang Anda hadapi saat ini timbul bukan disebabkan dari dalam keluarga, namun dari faktor luar keluarga yang kemudian membuat suasana keluarga menjadi tidak nyaman. Menghadapi masalah keluarga seperti ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.
  1. Ketahui masalahnya.
  2. Jangan larut dalam masalah.
  3. Cari solusi.
  4. Minta bantuan saudara atau teman.
  5. Berdoa.
  6. Segera selesaikan masalahnya.
  7. Ambil hikmahnya.
Setiap masalah pasti ada hikmahnya. Tak terkecuali masalah keluarga. Jadikan itu sebagai bagian dari pembelajaran hidup yang Anda lalui. Itu pasti akan membuat Anda lebih tenang dan matang dalam mengarungi hidup.




Dalam hidup, masalah itu pastilah selalu ada. Tak pandang bulu apakah Anda orang kaya atau orang biasa, orang penting ataupun tidak. Namun bukan masalahnya yang penting, tapi bagaimana sikap Anda menghadapi masalah itulah yang jauh lebih penting.

Salah satu sikap yang mungkin dapat menjadikan acuan bagi kita, ketika menghadapi masalah keluarga. Setidaknya 50% dapat membantu mencegah terjadinya pertengkaran. Salah satunya.
  • Jangan berdebat tentang pergi ke retoran apa. Selama anda tahu bawa anda akan menemukan hidangan disana yang dapat dinikmati. Itu saja sudah cukup seperti yang anda butuhkan.
  • Jangan bertengkar tentang acara apa yang harus ditonton di TV. Sebagian besar isinya hanya acara biasa saja, terlalu konyol jika hal seperti ini menjadi sebuah pertengkaran.
  • Jangan berdebat tentang agama atau politik. Bahkan pasangan yang memiliki banyak kesamaan sekalipun dapat terpecah jika beradu pendapat tentang topik tersebut. Mungkin itu adalah masalah yang cukup menarik untuk dibahas, tapi hidup dengan pasangan anda dengan harmonis tanpa banyak masalah rumah tangga jauh lebih penting daripada topik yang menarik.



Ini semua bukan berarti menahan lidah anda tentang hal-hal tersebut di atas (atau mungkin banyak hal lagi dari pengalaman hidup anda yang tidak terkaper di sini) adalah hal sepele. Ini bisa sulit dilakukan pada awalnya. Biarkan pasangan anda percaya, berfikir atau mengatakan apa yang mereka anggap benar. Pada akhirnya, anda akan menemukan sebagian besarnya bukanlah suatu masalah. Belajarlah untuk mengalah, meskipun tidak harus setiap waktu.

Setiap insan yang ada di muka bumi ini memiliki episode kehidupannya masing masing, dan tentu di setiap episode kehidupan yang berjalan tidak dapat di pungkiri bahwa di dalamnya selalu ada ujian yang datang.
Ada rahasia dibalik rahasia atas setiap ujian yang Allah berikan kepada setiap makhluk-Nya. Karena sungguh Allah memiliki alasan mengapa Ia menurunkan ujian kepada hamba hambaNya, bukan semata mata karena ingin memberikan teguran, tetapi harus kita yakini ini adalah bentuk training dari Allah kepada diri kita agar kita bisa menapaki derajat insan yang beriman di sisi Allah SWT. Sungguh Allah tidak akan menguji suatu kaum melainkan sesuai dengan kemampuannya.




Akhirnya, saya sebagai penyusun mohon ma'af  bila ada kata yang berkesan menggurui. Ini semua berawal dari kepentingan pribadi, tapi tidak ada salahnya jika hal ini pun dapat menjadi arti buat sahabatku semua di sini.

                                               Yu.....Salam....







4 komentar:

  1. terima kasih....banyak manfaatnya, atas pencerahan dan ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya Pak Panji. salam kenal.

      Hapus
  2. Mendengar kata "agama" & "politik" adalah horror....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Andre Chrystianto, terima kasih kehadirannya disini. Semoga bermanfaat, dan tentunya ada hikmah dibalik rahasiah ini....good luck...

      Hapus